Website Tidak Muncul di Google

Website Tidak Muncul di Google

Website tidak muncul di google sama artinya dengan bencana bukan? Menduduki peringkat 1 Google adalah tujuan utama membuat website baik bagi blogger pemula maupun profesional.  Sebetulnya ada banyak metode untuk meraih tujuan ini,seperti menggunakan hosting terbaik, menginstall wordpress tema dan input keyword, dll.

Tapi apakah semua teknik sudah dilakukan dan hasilnya masih saja nihil? Apakah Anda sudah mencoba banyak cara ini dan itu tapi blog Anda tetap menghilang entah kemana? Terus, kenapa sih website tidak muncul di google? Padahal semua teknik sudah Anda coba bukan?

Penyebab Website Tidak Muncul di Google

Yuk simak terlebih dahulu beberapa kemungkinan yang menyebabkan website tidak bisa dicari di google. Apakah salah satunya yang Anda alami?

  1. Website Masih Baru

Jika situs Anda masih baru, jangan buru-buru putus asa jika belum menemukannya di pencarian Google. Mohon bersabar sedikit karena sebagai sistem Google juga butuh proses.  Google harus menjelajahi situs Anda dan ini memakan waktu, bisa berhari-hari sampai berminggu-minggu. So, keep patient!

Lantas, bagaimana Anda tahu bahwa Google sudah mengetahui keberadaan situs Anda atau belum? Cara mencari website di google cukup mudah. Silahkan cek di pencarian google dengan mengetikkan site: alamat URL lengkap situs Anda. Misal: site:aladin.com

Jika domain belum muncul di halaman pencarian, artinya website Anda memang belum masuk ke indeks Google. Maka Anda wajib mendaftarkan alamat agar masuk indeks Google.

  1. Website Belum Terindeks

Bukan hanya karena masih baru, website yang sudah agak lama bisa saja tidak muncul di laman pencarian karena memang belum masuk google web mas. Anda harus tahu bahwa website tidak akan secara otomatis diindekskan ke mesin pencarian seperti Yahoo, Google atau Bing. Anda sebagai pemilik web harus menambahkannya secara manual.

Lantas bagaimana? Apa yang harus dilakukan? Segara cari cara mengindeks website ke google. Bisa dengan peta situs dan melakukan pendaftaran ke Google Search Console. Setelah itu, ikuti petunjuknya untuk melakukan indexing. Selain situs yang belum terindeks, halaman yang memiliki perintah non indexed juga akan menimbulkan masalah. Hal ini bisa saja terjadi jika Anda memasukkan tag meta robot noindex di sebuah halaman.

Jika Google menemukan salah satu halaman di situs Anda dengan perintah noindex maka otomatis tidak akan traffic yang masuk. So, bagaimana? Langkah pertama adalah cek dulu apakah seluruh diindeks. Caranya dengan membuka halaman tersebut lalu mengecek kode sumber. Jika Anda menemukan kode noindex pada content maka halaman tersebut bermasalah.

Jangan khawatir, masalah tersebut bisa diperbaiki dengan mudah. Anda bisa menggunakan Yoast SEO untuk mengatur status index dan noindex sebuah halaman.

  1. Website Belum Dioptimasi Secara Maksimal

Optimasi website berperan penting terhadap sebuah website, salah satunya untuk menaikkan peringkat web di mesin pencarian. Lantas, apa jadinya kalau website belum dioptimasi secara maksimal? Anda mungkin tidak akan menemukan website di halaman Google.

Meskipun website sudah memiliki tampilan menarik dan user friendly, percuma saja jika tidak dioptimasi. So, segera lanjutkan proses untuk menambahkan teknik SEO di dalamnya.  Anda bisa memanfaatkan beberapa plugin di WordPress untuk membantu menangani masalah optimasi website atau dengan menggunakan Yoast SEO.

Klik lihat: https://www.masterseo.id

Upayakan website Anda bisa masuk sebagai kategori SEF atau Search Engine Friendly. Selain itu, ada beberapa pekerjaan rumah yang harus Anda lakukan, yaitu:

  • Memiliki Google Place Listing (list bisnis di Google).
  • Mendaftarkan website ke Google webmaster.
  • Riset keyword atau kata kunci sebagai modal untuk menyediakan konten yang relevan.
  • Tambahkan website ke beberapa lokal direktori yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Di samping itu, Anda juga harus mempertimbangkan optimasi SEO. Hal ini mungkin saja menjadi alasan utama kenapa website tidak muncul di  google.

Berkaitan dengan optimasi SEO, akan dibahas lebih lengkap pada poin selanjutnya.

  1. Ada Masalah pada Optimasi SEO

Bukan mitos lagi bahwa SEO menjadi salah satu kunci utama untuk memperoleh pasar di dunia internet.  Ya, SEO menjadi strategi web yang dapat membantu blogger untuk muncul di halaman pertama mesin pencarian. Akan tetapi, jangan lihat SEO sebagai teknik sulap yang hanya dengan sekejap mata bisa mengabulkan keinginan Anda. Ada banyak sekali yang sudah merasa sempurna SEO nya, tapi tetap saja website tidak muncul di pencarian google.

Maka dari itu, silahkan diperhatikan lagi beberapa poin di bawah ini, apakah sudah teroptimasi dengan maksimal atau belum:

  • SEO on page, meliputi konten/artikel yang berkualitas, fungsionalitas web (kecepatan dan user friendly), tampilan menarik, keyword dan lsi keyword relevan, penambahan multimedia dan aspek pendukung lainnya.
  • SEO off page, meliputi backlink, social link, memasukkan situs ke direktori, forum, dll dan link yang relevan dan berfungsi dengan baik.

Baik SEO on page dan off page adalah satu kesatuan optimasi yang dampaknya cukup signifikan bagi traffic website. Jadi, upayakan untuk selalu memastikan setiap aspeknya sudah terpenuhi.

Karena jika salah satu aspek terlewat bisa saja website Anda tidak mampu mencapai target di mesin pencarian.

  1. Konten Kurang Memenuhi Syarat

Selain sejumlah alasan teknis di atas, konten juga menjadi faktor penting kenapa website tidak muncul di halaman pencarian. Coba periksa konten Anda. Apakah sudah cukup berkualitas? Apakah jumlahnya cukup memadai? Perlu diketahui, jika berkaitan dengan konten, jangan terpaku pada mesin layaknya Anda berurusan dengan SEO.

Tapi lebih andalkan sisi intuitif dan manusiawi. Buatlah tulisan dengan melihat dari berbagai sudut pandang, baik dari sudut pandang penulis maupun pembaca. Sediakan tulisan yang relevan, menarik dan yang pengguna butuhkan. Sangat disarankan untuk menyediakan konten yang tepat sasaran bagi pengguna. Sehingga Anda harus melakukan riset keyword terlebih dahulu. Cari tahu apa yang sering dicari orang terutama yang berkaitan dengan topik website Anda.

Setelah itu, langsung lah menulis dengan menggunakan plugin SEO agar konten Anda semakin sempurna.

  1. Tidak Memiliki Backlink pada Konten

Konten yang baik bukan hanya yang menarik dan relevan saja, tetapi juga harus memiliki backlink berkualitas tinggi. Backlink bisa saja menjadi salah satu faktor penting agar website terdeteksi google.

Artikel yang luar bisa adalah salah satu cara yang efektif untuk memperoleh tautan ke lama situs Anda. Dengan memiliki konten yang baik, tentu akan menambah traffic website. Maka dari itu, silahkan pastikan apakah backlink pada konten Anda. Apakah sudah optimal? Atau justru masih jauh dari cukup.

Dengan memperbaiki link internal maka akan membantu pihak mesin pencari seperti Google untuk menemukan konten yang Anda miliki.

Bagaimana? Apakah ada salah satu alasan di atas yang Anda alami?

Jika website tidak muncul di halaman google, silahkan pastikan ke-enam faktor tersebut dan segera perbaiki. Semoga bermanfaat.