Candi Plaosan

Jawa Tengah memiliki beberapa tempat plesir yang termasyur, Candi Plaosan salah satunya. Pucuk stupa yang cantik, beberapa candi perwara yang ada di obyek wisata ini sangat sayang untuk tak dikunjungi.

Ada beberapa keunikan yang dimiliki oleh candi yang berada Desa Bugisan ini, misalnya saja mitos jika ada pasangan yang datang berkunjung ke lokasi ini maka hubungannya akan bisa langgeng.

Lokasi Candi Plaosan

Candi kembar plaosan ini berjarak 19 KM dari kota Yogyakarta, yang jika anda tempuh dengan kendaraan bermotor akan memakan waktu sekitar setengah jam perjalanan jika kami menggunakan jasa rental mobil.

Hal menarik dari Candi Plaosan Jawa Tengah

  • Candi Plaosan Lor

Di komplek ini anda bisa melihat dua buah bangunan candi utama, candi yang sebelah utara bernama Candi induk utara sementara candi yang di sebelah selatan bernama Candi Induk selatan.

Pada Candi Induk Utara terdapat relief yang menggambarkan tokoh wanita, sedangkan pada Candi Induk Selatan terdapat relief yang menggambarkan tokoh laki-laki.

Saat memasuki komplek ini anda akan melihat arca Dwarapala yang ada di depan pintu masuk dan saling berhadapan, sepasang ada di pintu masuk sebelah selatan dan yang sepasang lagi ada di pintu masuk sebelah utara.

Kompleks Candi Plaosan Lor dikelilingi 50 candi Perwara serta sebanyak 116 buah stupa perwara. terdapat selasar di bagian utara candi dengan beberapa arca Buddha.

Pada candi induk anda bisa melihat 6 buah arca Dhyani Boddhisatwa. Dan yang menarik, meski candi ini adalah candi Buddha namun memiliki arsitektur berbau gaya Hindu juga. Komplek ini juga terdapat parit buatan.

  • Candi Plaosan Kidul

Untuk candi Plaosan kidul ini terletak di sebelah selatan Candi Plaosan Lor yang terpisah oleh jalan raya. Di kompleks ini anda bisa melihat reruntuhan dari candi utama, dan yang tersisa hanya beberapa candi kecil saja sebanyak 16 buah.

  • Festival Candi Kembar

Anda juga bisa menikmati festival candi kembar yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2016 lalu, berlokasi di kompleks Plaosan, Bugisan. Acara tersebut mempunyai tujuan untuk mengangkat produk unggulan serta seni budaya setempat.

Anda bisa melihat pertunjukan dari kelompok seni budaya yang berasal dari Prambanan dan sekitarnya. Dalam acara tersebut pengunjung disuguhi berbagai pertunjukkan seni budaya lokal seperti jathil, srandul, gejog lesung hingga karawitan.

Acara festival candi kembar tersebut biasanya diadakan antara tanggal 30 Agustus sampai dengan tanggal 1 September. Hingga tahun 2019, festival tersebut telah sampai episode keempat.

  • Kuliner

Salah satu daya tarik dari candi kembar Plaosan adalah kulinernya yang sangat menggugah selera. Tersedia berbagai menu kuliner yang bisa anda nikmati di beberapa warung makan sekitar kompleks candi.

Selain rasanya yang sudah pasti memanjakan lidah, harga yang ditawarkan juga tak akan membuat kantong perih karena harga makanan di lokasi wisata Plaosan cukup murah.

  • Suguhan sunset nan romantis

Ada satu hal yang membuat banyak orang rindu akan candi kembar Plaosan dan ingin selalu datang kembali, yakni suguhan pemandangan sunset yang sangat romantis.

Lihat juga: Masjid Gedhe Kauman

Jika anda ingin mendapatkan pemandangan matahari terbenam yang sempurna, berkunjunglah ke Plaosan. Gagahnya bangunan candi akan tampak semakin epic dengan latar sunset yang begitu mempesona.

Harga Tiket Masuk dan Parkir di Candi Plaosan

Untuk masuk ke kompleks wisata Plaosan ini, pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar lima ribu rupiah per orang. Untuk tarif parkirnya juga murah, yakni sebesar tiga ribu rupiah untuk motor, dan lima ribu rupiah untuk mobil.

Berkunjung ke kompleks candi kembar Plaosan bisa menjadi pilihan terbaik ketika anda berkunjung ke Yogyakarta atau ke Jawa Tengah. Suguhan bangunan candi yang eksotik akan memberikan sensasi tersendiri.

Tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan jika berwisata ke Candi Plaosan, karena selain bisa menikmati panorama keindahan candi dan alam sekitarnya, kita juga bisa belajar sejarah.