Contoh Proposal Bisnis Plan Yang Bagus

Hal yang penting dan harus dilakukan oleh bisnis itu harus mampu membuat perencanaan dan mencari modal bisnis supaya dapat berkembang dan tumbuh. Terkadang tidak banyak pebisnis melakukan usaha dan mengembangkan sayapnya dengan mencari investor, sehingga apabila Anda belum memahaminya tidak ada salahnya melihat contoh proposal bisnis plan.

Apabila Anda tidak cukup modal untuk menggunakan modal sendiri, proposal bisnis plan sangat penting untuk dapat mengajukan bisnis agar mendapatkan modal. Untuk itu pada artikel ini, kami coba memberikan cara membuat proposal bisnis plan, simak penjelasan lengkapnya.

Hal-hal Penting Membuat Bisnis Plan

Sebelum Anda langsung membuat contoh proposal bisnis plan, hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan memulai pembuatan bisnis plan yang sedang dikembangkan. Berikut ini beberapa hal penting dalam membuat bisnis plan, sebagai berikut :

Melakukan Riset

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan beberapa riset terkait produk yang ingin dijual secara luas atau pasar. Dengan begitu Anda harus melihat dalam skala yang luas baik dari pasar, produk, dan pendapat ahli terhadap produk yang sedang atau ingin Anda jual tersebut, karena ini sangat penting.

Lihat juga Apa yang Diperoleh dari Belajar Bisnis

Sehingga kedepannya ketika ditanya mengenai produk atau usaha Anda dapat dengan jelas memberikan gambaran baik dari perusahaan, produk dan pesaing atau kompetitor. Dalam artian riset sebagai metode yang paling penting untuk melihat peluang dan mempunyai dampak yang begitu besar untuk perkembangan bisnis kedepannya.

Menentukan Tujuan

Apabila ini baru pertama kali dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, maka langkah yang dapat Anda lakukan dengan menentukan tujuannya. Karena kebanyakan dari kasus yang sering terjadi, banyak pebisnis atau pengusaha tidak menentukan tujuan bisnis dan berakhir pada tidak terarah dan tidak jelas.

Untuk hal ini bisnis plan sebagai peta dalam berbisnis karena semuanya berawal dari hal tersebut, sehingga Anda jelas dan bingung kedepannya. Itulah fungsi dari bisnis plan, agar tidak membuat Anda hilang arah dan tanpa tujuan dalam berbisnis. Fungsi lainnya, bisnis mempunyai potensi untuk melirik para investor untuk mengembangkan bisnisnya.

Pentingnya Company Profile

Kebanyakan pebisnis muda malas untuk membuat compro, karena tidak ingin ribet membahas hal yang ada di perusahaan. Padahal company profile tidak hanya fokus dengan sejarah dan organisasi didalamnya. Tetapi lebih ke arah perkenalan produk dan portofolio usaha sebelumnya yang dapat menarik bagi mata para investor, jika Anda fokusnya untuk hal tersebut.

Dokumentasi

Contoh proposal bisnis plan yang dapat Anda lakukan dengan memberikan dokumentasi yang jelas, sehingga bisnis yang sedang dirintis dapat mudah mendapatkan suntikan dana. Hal ini berlaku juga pada pembuatan bisnis plan, karena Anda akan mendapatkan banyak kelebih ketika semuanya terdokumentasi dengan baik dan jelas nantinya.

Marketing Strategies

Salah satu bagian atau komponen penting dalam bisnis adalah Anda mampu memberikan dan membuat marketing strategi yang jelas serta lengkap. Sehingga kegiatan ini sangat berpengaruh pada penentuan investor dalam melirik usaha atau bisnis yang sedang dikembangkan. Buatlah hal menarik dan memiliki perencanaan yang jelas dan matang.

Minimum Viable Product (MVP)

Banyak bisnis yang baru berkembang tidak dapat besar dan memperluas pasarnya lebih jauh, karena gagal dalam melihat dan mengenal minimum viable product. Padahal ini sangat penting dalam menggaet investor, karena mereka memahami fungsi dan fitur pokok yang dapat dijalankan oleh  bisnis atau usaha yang sedang berjalan.

5 Contoh Proposal Bisnis Plan

Dalam prosesnya pembuatan proposal bisnis itu sama saja antara satu dengan lainnya baik itu contoh proposal bisnis plan makanan dan sebagainya. Tetapi hal yang membedakan adalah isi dari beberapa aturan yang telah ditentukan. Dalam hal ini kami akan memberikan 5 contoh proposal bisnis plan, yaitu :

Cover dan Sejarah Bisnis

Contoh proposal bisnis plan itu harus memiliki cover yang menarik dengan berbagai desain agar memperlihatkan bahwa hal tersebut serius dan profesional. Sehingga dapat menarik hati para investor untuk menanamkan modalnya perusahaan atau bisnis yang sedang atau baru rencanakan tersebut.

Namun mempunyai desain yang bagus saja akan percuma, Anda harus memberikan beberapa isi dari pendahuluannya. Untuk Anda yang masih bingung, pendahuluan itu dapat dari sejarah dan visi & misi. Karena itu lebih penting daripada harus berbasa-basi dengan panjang lebar, lebih baik langsung ke poin yang dibutuhkan saja.

Masukkan Aspek Pemasaran

Dalam hal ini baik itu proposal bisnis plan jasa atau bidang lainnya, Anda harus memahami tentang marketing yang dilakukan oleh Anda selaku pelaku bisnis. Untuk hal ini yang dapat Anda lakukan dengan memberikan gambaran umum, permintaan, Target atau rencana penjualan produk, dan Strategi dalam memasarkan produknya.

Karena hal ini sangat penting sekali untuk diperhatikan dan Anda hitung, sebab investor butuh data dan bukan hanya konsep atau ide saja sebelum menanamkan modalnya. Untuk itu Anda harus memperhatikan hal ini.

Organisasi dan Manajemen

Berbisnis itu melibat banyak orang, sehingga Anda harus mengatur dan memperjelas tanggung jawab kerja dari beberapa orang yang terlibat. Hal ini harus dimasukkan dengan jelas ketika Anda mengajukan atau membuat proposal usaha atau bisnis. Karena ini data yang penting dan jangan dilewatkan untuk dikaji dan dilakukan.

Lihat juga Cara membuat NPWP Online dengan Mudah

Biasanya Anda dapat memasukkan data organisasi, perizinan atau legalitas, dan terakhir mengenai inventarisasi. Karena beberapa aspek diatas harus diberikan dan dibuat secara jelas dan mudah dipahami. Sebab itu menjadi poin penting dan diamati oleh investor untuk dapat melirik usaha atau bisnis yang sedang dijalankan.

Produksi

Dalam berbisnis atau usaha Anda sudah memahami betul mengenai produk atau jasa yang dibuat untuk diperjualbelikan. Tetapi agar dapat menarik dan dimasukkan dalam proposal, hal utama yang harus dilakukan dengan memberikan semuanya secara lengkap baik dari produksi, teknis, fungsi dan tenaga yang mengerjakannya.

Keuangan

Pada tahap ini Anda harus memberikan data baik dari alur keluar masuk uang, perhitungan uang, dan modalnya secara rinci dan jelas. Karena investor tidak ingin sembarangan dalam menanamkan modal dalam suatu bisnis kalau tidak jelas. Anda dapat menambahkan pada proposal tersebut dari segi kelayakan usaha dan titik impas.

Sampai disini pembahasan mengenai beberapa contoh proposal bisnis plan yang dapat Anda lakukan untuk memulai mencari modal dari investor. Anda dapat memahami hal tersebut dan tidak ada salahnya untuk langsung mencoba dan menawarkan proposal bisnis tersebut.