Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan

Seperti yang telah kita ketahui bersama, usaha ternak dan budidaya merupakan usaha yang telah terbukti bisa menghasilkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Menjalankan usaha ternak yang menjanjikan di masa depan tidak hanya memiliki potensi tetapi juga dapat mendatangkan hasil yang bisa dibilang besar.

Anda harus bisa melihat dan memanfaatkan berbagai jenis peluang bisnis atau usaha ternak yang ada di sekitar Anda. Namun dalam menjalankan usaha ternak, tentu harus mempunyai atau menyediakan ruang/lahan yang cukup agar usaha ternak dan proses budidaya dapat berjalan dengan baik. Selain itu Anda juga harus benar-benar serius dan konsisten dalam menjalani usaha ternak ini.

10 Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan

Terdapat banyak jenis usaha ternak yang bisa Anda lakukan, berikut ini rekomendasi 10 bisnis ternak yang menjanjikan di masa depan. Sebelum memulai usaha ternak, silahkan untuk menyimak beberapa rekomendasi dibawah ini.

1.   Usaha Ternak Kambing

Usaha ternak yang menjanjikan di masa depan yang pertama kali adalah usaha ternak kambing. Dengan menjalankan usaha ternak kambing termasuk dalam usaha yang mempunyai peluang dan juga menjanjikan di masa depan, hal ini karena konsumsi akan daging kambing terbilang cukup tinggi dan stabil di Indonesia.

Lihat juga Pengertian Reseller dan Contohnya

Selain itu, usaha ternak kambing juga bisa dikatakan cukup mudah, karena dalam merawat kambing tidak perlu memerlukan keterampilan khusus dan juga cukup menyediakan pakan dengan rumput yang bisa anda tanam di pekarangan dekat rumah Anda.

2.   Usaha Ternak Ikan Lele

Usaha ternak yang menjanjikan di masa depan berikutnya yaitu dengan menjalankan usaha ternak ikan lele, salah satu jenis ikan yang cukup mudah untuk dipelihara di dalam kolam, tambak, drum atau media air lainnya.

Untuk dapat menjalankan usaha ternak lele tidak harus mempunyai lahan yang luas. Anda bisa memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah anda untuk membuat kolam, atau media untuk memelihara ikan lele.

Ikan lele termasuk ikan yang cukup mudah diternakkan karena mempunyai daya bertahan hidup di berbagai media air, asal dalam proses budidayanya dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Permintaan pasar terhadap ikan lele terbilang cukup tinggi, karena terdapat banyak orang yang menyukai mengkonsumsi ikan lele sebagai lauk untuk makan. Serta terdapat banyak warung yang terdapat di pinggir jalan dan juga restoran yang menyajikan sajian menu ikan lele yang cukup lezat dengan berbagai macam jenis racikan.

3.   Usaha Ternak Burung Berkicau

Ternak burung berkicau termasuk salah satu contoh usaha ternak yang menguntungkan dan juga menjanjikan di masa depan, serta mendatangkan keuntungan yang cukup melimpah. Hal ini dikarenakan banyak peternak burung yang telah sukses menjalankan bisnis tersebut hanya dengan modal satu pasang burung berkicau.

Ternak burung berkicau biasanya mengikuti trend yang sedang berkembang di kalangan pecinta burung berkicau, seperti burung murai batu, burung kacer, burung kenari, burung lovebird dan berbagai burung yang banyak digemari oleh orang di Indonesia.

4.   Usaha Ternak Ayam Potong

Permintaan akan daging ayam sebagai makanan untuk dikonsumsi sangat tinggi, baik di perkotaan atau di daerah pedesaan. Hal ini yang membuat bisnis beternak ayam potong dirasa cukup menjanjikan dan menguntungkan. Yang perlu anda butuhkan hanya lahan yang cukup luas untuk membangun kandang ayam potong dan mendapatkan bibitnya.

Dalam memulai usaha ternak ayam potong, biasanya pelaku usaha bekerjasama dengan produsen pakan, sehingga anda tidak perlu repot untuk mencari bibit dan pakan ayam karena sudah disediakan oleh orang lain, sehingga tercipta hubungan kerja yang saling menguntungkan.

5.   Usaha Ternak Ayam Petelur

Contoh usaha ternak yang menjanjikan di masa depan berikutnya yaitu usaha beternak ayam petelur. Selain mendatangkan keuntungan yang cukup besar, permintaan terhadap telur juga cukup tinggi sebagai makanan pokok masyarakat di Indonesia, dan juga belum bisa dipenuhi oleh peternak lokal.

Dalam memasarkan atau menjual telur hasil ternak bisa dibilang cukup mudah, karena telur merupakan salah satu jenis sembako atau bahan pokok yang dibutuhkan banyak orang. Selain itu telur juga bisa dijadikan berbagai macam olahan yang banyak diminati oleh banyak orang dan mengandung cukup nutrisi.

6.   Usaha Ternak Bebek

Jenis usaha ternak yang menjanjikan di masa depan lainya yang cukup potensial adalah beternak bebek. Walaupun tidak sepopuler ternak ayam, ternak bebek juga wajib Anda coba karena memang banyak orang yang menyukai mengkonsumsi daging bebek.

Usaha ternak bebek bisa dikategorikan dalam usaha yang menjanjikan karena sekarang ini sudah banyak terdapat beberapa rumah makan dan restoran yang menyediakan berbagai macam olahan daging bebek. Bahkan ada beberapa rumah makan yang memang khusus menjual olahan bebek dan diminati oleh banyak orang.

7.   Usaha Ternak Ikan Hias

Usaha budidaya atau ternak ikan hias merupakan salah satu usaha yang sedang populer di Indonesia. Usaha budidaya dan ternak ikan hias dirasa cukup menjanjikan, karena di Indonesia terdapat banyak jumlah penggemar ikan hias dari berbagai kalangan, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa.

Lihat juga Tips Memulai Bisnis Startup

Ada berbagai banyak ikan hias yang populer dan diminati banyak orang, seperti ikan louhan, ikan cupang, ikan koi dan berbagai jenis ikan lainnya.

8.   Usaha Ternak Kelinci

Hewan kelinci cukup populer di Indonesia tidak hanya sebagai pilihan konsumsi akan tetapi juga bisa dijadikan sebagai peliharaan yang cukup diminati banyak orang. Hewan kelinci sering kita temui dijadikan hewan peliharaan yang cukup menggemaskan dan lucu dan disukai oleh berbagai kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa.

9.   Usaha Ternak Kambing Susu Etawa

Usaha susu kambing etawa menjadi salah satu usaha yang diminati karena iklim Indonesia yang dirasa cocok untuk membudidayakan atau ternak kambing etawa. Satu ekor kambing betina yang telah memasuki usia dewasa bisa menghasilkan susu satu sampai dua liter setiap harinya.

10.  Usaha Ternak Lebah Madu

Kebutuhan akan madu di Indonesia bisa dibilang cukup tinggi, hal ini yang mendasari banyak orang memilih untuk menjalankan usaha ternak lebah madu. Madu yang dihasilkan oleh lebah dapat diambil atau dipanen dalam waktu satu sampai dua minggu setelah musim bunga, atau setelah terlihat lapisan lilin pada tempat lebah bersarang.

Itulah beberapa daftar usaha ternak yang menjanjikan di masa depan serta mendatangkan keuntungan. Hal ini bisa dijadikan sebagai masukan dan pengetahuan baru bagi Anda yang ingin memulai usaha tersebut.